Trik Membuat Ruangan Kedap Suara yang Benar

Harus diketahui buat Anda yang mengidamkan mempunyai kamar pribadi yang nyaman tanpa ada suara berisik di luar atau suka memutar audio keras tak perlu mengganggu orang di luar kamar.

Berikut langkah membuat ruangan kedap suara di dalam rumah, yang sudah dikumpulkan dari beberapa sumber. Anda bisa mengimplementasikan langkah ini di kamar pribadi atau jadikan ruang spesifik untuk studio sendiri.

Langkah Membuat Ruangan Kedap Suara

1. Terapkan Gypsum
Langkah membuat ruangan kedap suara dengan mengimplementasikan gypsum. Sela antara dinding serta gypsum bisa Anda isikan dengan material peredam bunyi, seperti glasswool atau rockwool. Sekarang ini telah ada tipe gysum yang diutamakan untuk kedap suara dengan bermacam ketebalan.

Gypsum bisa Anda pasang pada dinding atau langit-langit rumah. Penempatan papan gypsum ini pas untuk ruang sumber berisik, seperti ruangan TV, ruangan musik, serta bermain. Tetapi, tekankan saat menempatkan papan gypsum, berikan jarak memakai kerangka kayu atau hollow.

2. Menempatkan Karpet
Langkah membuat ruangan kedap suara selanjutnya adalah menempatkan karpet. Langkah kaki di dalam rumah tentu memunculkan gema suara yang kadang mengganggu. Tempatkan karpet yang tebal pada ruang yang ingin Anda buat jadi ruangan kedap suara. Makin tebal serta empuk, semakin lebih gampang menghisap suara.

Karpet dapat Anda terapkan di plafon atas serta dinding, kecuali di lantai. Saat anggaran serta waktu Anda masih kurang untuk memakai papan gypsum, karpet tebal untuk pilihan yang lain. Sisipkan juga rug pad di bawah karpet, agar semakin tebal serta lebih kedap suara.

3. Benahi Pintu serta Jendela
Coba cek pintu serta jendela di dalam rumah Anda. Bila ingin membuatnya ruangan kedap suara, pilih tipe pintu dengan design kompak, sebab semakin tenang dibanding pintu dengan hiasan berukir.

Selanjutnya Anda dapat mengubah jendela dengan kaca tiga panel untuk menahan suara di luar. Seandainya Anda ingin membuat studio peredam suara, lebih bagus tanpa ada jendela. Tutuplah memakai susunan bantal serta papan gypsum.

READ  Langkah-Langkah Mengecat Teras Beserta Perawatannya

4. Tutup Sela
Langkah membuat ruangan kedap suara selanjutnya adalah tutup sela di pintu serta jendela. Pakailah door seal pada pintu Anda, agar meredam suara untuk masuk atau keluar. Pengganjal sela pintu ini akan menolong kamar Anda betul-betul kedap suara, khususnya yang makin tebal.

Kecuali menahan suara, door seal bagus untuk menahan debu serta serangga masuk di kamar. Selanjutnya agar suara berisik tidak menyelusup masuk lewat antara jendela, bisa Anda pasang weather strpping. Yaitu cara isi tiap celan jendela memakai karet spesial.