Jangan Sampai Salah Saat Memilih Rangka Atap Baja Ringan, Ini Caranya !

Cermatlah waktu menentukan kerangka atap baja ringan. Apabila kerangka tak memiliki kualitas, fatal karena itu.

Bertambah sukarnya ketersediaan bahan kayu, bikin baja ringan berubah menjadi pilihan material kerangka atap yang tambah tenar.

Namun, bagaimana kita meyakini udah menentukan kerangka atap baja ringan yang pas?

Menurut Soebrata O. (PT Pryda Indonesia) berbagai hal berikut penting diperhatikan waktu menentukan kerangka atap baja ringan.

Bahan Profil Baja

Simak Juga :  Atap baja ringan

Bahan baja yang sering dimanfaatkan yaitu baja kwalitas tinggi atau biasa dikatakan high tension steel. Kebanyakan dimanfaatkan standard G550.

Orang pemula sukar mengenal kwalitas bahan yang ada. Namun dengan mengenal kalau standard baja minimal G550, kita dapat memohon agunan terdaftar kalau bahan baku yang bakal kita gunakan yaitu G550.

Susunan Antikarat

Di Indonesia, susunan antikarat yang sering dimanfaatkan yaitu susunan AZ (aluminium serta zinc) atau Z (zinc). Aluminium zinc semakin tahan korosif pada air garam, namun dia tak tahan pada laporkan semen (korosif).

Dan susunan zinc kurang tahan pada air garam, namun tak korosif gara-gara laporkan semen.

Susunan zinc sesuai buat penutup atap genteng keramik atau genteng beton, lantaran sisi nok (karpusan) kebanyakan di isi dengan laporkan semen.

Ketebalan Susunan Antikarat

Ada pikiran salah kalau aluminium zinc lebih bagus ketimbang zinc. Walaupun sebenarnya yang memastikan yaitu ketebalan susunan.

Baca Juga : kuda kuda baja ringan

Umumnya, buat bahan susunanal (memikul beban) susunan aluminium zinc jangan kurang dari 150 gr/m2, dan buat susunan zinc jangan kurang dari 220 gr/m2.

Ketebalan susunan antikarat sukar diperiksa dengan visual; penelusuran mesti dikerjakan di laboratorium.

Yang paling gampang yaitu memohon agunan dengan terdaftar terkait ketebalan susunan yang bakal dimanfaatkan.

Cermatlah Waktu Menentukan Kerangka Atap Baja Gampang, Berikut Trik Simpelnya!Dok. Tab RUMAH
Cermatlah Waktu Menentukan Kerangka Atap Baja Gampang, Berikut Trik Simpelnya!

Bentuk Susunan

Kalkulasi bentuk susunan sukar dimengerti orang pemula.

Oleh karena itu, pilih merek-merek yang dapat berikan agunan susunan secara baik dan yang miliki software diagnosis susunan privat. Susunan kerangka baja ringan masih kurang cuma dihitung memanfaatkan software diagnosis susunan biasa.

READ  Ini Efek dari Cat Bertimbal

Metode Pengaku/Bracing

Kerangka atap baja ringan dibikin dari baja tipis (buat kudakuda, di Indonesia minimal 0,8 mm, di Malaysia minimal 1 mm).

Karena itu, walaupun udah bersifat profile yang tangguh, kekuatannya tinggi namun kekakuannya kurang.

Sebab itu, susunan kerangka atap mesti ditambahkan tangkai pengaku/ bracing yang cukup. Tanyalah semakin terperinci bab bracing ini, lantaran apabila kurang karena itu fatal.

Perakitan kerangka atap baja ringan semakin termonitor apabila dikerjakan di pabrik, walaupun cost angkut jadi mahal.Dok. Tab RUMAH
Perakitan kerangka atap baja ringan semakin termonitor apabila dikerjakan di pabrik, walaupun cost angkut jadi mahal.
Proses Perakitan

Di Indonesia, kebanyakan kuda-kuda kerangka atap dibuat di area, walaupun ada yang dibuat di pabrik.

Proses perakitan di project butuh kontrol mutu yang baik, lantaran bentuk, kerapian, dan kesempurnaan proses penautan begitu terkait pada keterampilan tukang.

Kuda-kuda yang dibuat di pabrik, punya kontrol mutu kerja yang lebih bagus, walaupun proses pengangkutan ke area bertambah boros.

Dalam menentukan kerangka atap baja ringan, kita mesti semakin teliti. Pada kerangka atap kayu, bila cuma satu kuda-kuda tidak sukses, cuma kuda-kuda itu yang tumbang.

Sementara saat itu, kerangka atap baja ringan miliki cenderung tumbang keseluruhannya mengingat bahan baja tak ringan patah seperti kayu.