Ini Alasan Palet Cat Ini Terjual Capai Rp 1 M

Gak cuma lukisan pelukis populer dunia saja yang bisa dipasarkan sampai miliaran Rupiah. Namun palet atau tempat seniman menyimpan cat sebelum melukis bisa juga terjual dengan angka spektakuler.

Sama dengan dengan palet punya seniman Pablo Picasso. Balai Lelang Sotheby melelang dari lebih 200 karya seperginya seniman yang memiliki nama komplet Pablo Ruiz Picasso.

Pelelangan yang memiliki nama ‘The World of Picasso’ itu pun menyoroti tiga buah palet cat langka yang dimanfaatkan Picasso di dasawarsa 1960-an hingga 1970-an. Harga lantas beragam dilelang dari Rp 300an juta hingga Rp 600an juta.

“Lelang palet cat ini tunjukkan bagaimana peninggalan hasil proses kreatif seseorang seniman sama utamanya dengan lukisannya yang masuk ke dalam balai lelang,” tuliskan info Sotheby, ditulis dari Hypebeast, Sabtu (20/6/2020).
Sejumlah besar karya yang dipasarkan sebagai punya dari cucu si seniman yang memiliki nama Marina Picasso. Dia miliki koleksi-koleksi sketsa serta potret sejenis kubisme yang memesona.

Koleksi yang dipunya Marina Picasso datang dari istri ke dua Picasso, Jacqueline. Putra Picasso, Claude, pun mengkonfirmasikan palet-palet cat itu yaitu punya ayahnya.

Tidak hanya palet cat yang dilelang, ada dua palet kayu tradisionil yang dimanfaatkan Picasso pada tahun 1973. Dan palet yang datang dari lembaran karton yang dimanfaatkan awal 1960an.

Bacalah juga: COVID-19 Masih Memberi ancaman, Pembukaan Museum Pablo Picasso di Beijing Di tunda
Ke-tiga palet cat itu miliki sisa-sisa paduan cat minyak yang umum dimanfaatkan Picasso.

Pablo Picasso yang mati di umur 91 tahun diketahui jadi pelukis beraliran kubisme. Seniman asal Spanyol itu di kenal juga jadi pelukis revolusioner pada zaman ke-20.

Selama hidupnya, dia sukses membuahkan dari lebih 20 ribu karya. Gak cuma lukisan bermodel kubisme saja, namun dia kerapkali berpindah type. Type lukisan beraliran kubisme yang mengagetkan dunia seni, lantaran karyanya bisa mengganti pemikiran orang bakal satu kecantikan seni.

READ  Yuk intip Kelebihan dan Kekurangan Kawat Bendrat